TUGAS SOFTSKILL
(METODE PENELITIAN)
Disusun
Oleh:
Nama/NPM
|
: Rian Aditya Putra/36412252
|
Kelas
Dosen
|
: 3ID08
: Ina Siti Hasanah
|
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
BEKASI
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Setiap manusia pasti tidak
terlepas dari interaksi antar manusia
maupun dengan lingkungannya, dimana dalam melakukan interaksi tersebut
bertujuan untuk mendapatkan segala jenis informasi. Interaksi antar sesama manusia adalah
hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan. Hal ini berbeda jika manusia
berinteraksi dengan lingkungannya. Lingkungan manusia meliputi rumah, sekolah,
kampus, kantor, jalan raya, dan lain-lain. Manusia tidak dapat secara langsung
berinteraksi dengan lingkungannya, karena lingkungan tidak dapat menyampaikan informasi yang ada,
sehingga dapat menyebabkan kebingungan. Sebab dari permasalahan itu
dibutuhkanlah alat bantu yang dapat digunakan manusia untuk berinteraksi dengan
lingkungannya yaitu display.
Display yang telah beredar terkadang
memiliki ketidakseimbangan dalam menyampaikan informasi, yaitu
berupa faktor kesan dan fungsional, sehingga akan menyebabkan kesalahan dalam
memahami display tersebut, keterlambatan dalam menginterpretasikan data
mengakibatkan berbagai resiko dan kecelakaan kerja yang akan terjadi. Akibat
permasalahan tersebut, maka untuk meminimalisirnya dilakukan perancangan alat
peraga yang sesuai dengan prinsip dan disiplin
ilmu ergonomi. Display adalah alat peraga yang digunakan untuk media penyampaian informasi dari lingkungan
kepada manusia. Display yang baik adalah display yang
dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia sebagai penerima informasi melalui
panca indera (Sutalaksana, 1979).
Penerapan display dalam penelitian ini
adalah perancangan dan pembuatan acrylic display untuk memerintahkan agar operator selalu menggunakan ear-plug pada area yang telah ditentukan. Papan display
ini terdapat
beberapa kesalahan sehingga mengakibatkan operator tidak tertarik membacanya.
Kesalahan tersebut terdapat pada kombinasi warna yang tidak mencolok sehingga
operator tidak tertarik untuk membancanya. Dimensi huruf dan jarak antar kata
yang tidak sesuai dengan prinsip dan penerapan ilmu ergonomi. Display seharusnya sesuai dengan prinsip dan penerapan ilmu ergonomi sehingga dapat
menyampaikan informasi secara jelas dan tepat. Harapannya operator
dapat mengetahui acrylic display tersebut bahwa pada area tersebut mewajibkan operator untuk menggunakan ear-plug.
1.2 Perumusan Masalah
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
merancang acrylic display
yang
baik dan mudah dimengerti oleh manusia
sehingga
dapat memperoleh informasi yang
jelas dari
display tersebut. Display yang dimaksud adalah berbentuk
papan peringatan.
1.3 Pembatasan
Penelitian
Pembuatan penelitian ini memiliki batasan-batasan masalah agar penulisan tidak menyimpang
dari persoalan yang ada. Berikut ini batasan masalah dari penelitian :
1. Pengambilan data dilakukan di PT. Krama Yudha Ratu Motor Jln. Raya Bekasi
Km. 21-22 Pulo Gadung, Jakarta Timur.
2. Display yang dibuat hanya berupa acrylic
display dan sebanyak 1 display.
3. Ukuran acrylic display yang dirancang hanya berukuran
sedang dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 914 mm dan lebar 314
mm.
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman materi yang
akan dibahas didalamnya. Berikut merupakan tujuan penelitian dalam merancang ulang
sebuah papan display.
1. Mengetahui
tipe-tipe dari display yang dibuat, yaitu display kualitatif, display kuantitatif, display representatif.
2. Mengetahui
prinsip-prinsip dari display yang dibuat, yaitu proximity, similarity, symetry, continuity.
3. Mengetahui ukuran huruf dan warna huruf yang digunakan pada
pembuatan display, yaitu tinggi
huruf kecil, lebar huruf besar, lebar huruf kecil, tebal huruf besar, tebal
hurf kecil, jarak antara dua huruf, jarak antara dua kata.