selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Senin, 01 Oktober 2012

MAKALAH KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN

4 komentar

KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN


 

P E R N Y A T A A N



Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
36412252
RIAN ADITYA PUTRA




Program Sarjana Teknik Industri




UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR

Pertama-tama saya ucapkan Alhamdulillah puji syukur atas ridho yang diberikan oleh Allah SWT karena telah diberikan umur dan menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “kontribusi pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan”.
Dalam penulisan makalah ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki saya. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.



DAFTAR ISI

Pernyataan………..............................................................................  1-2
Kata Pengantar…………....................................................................    2
Daftar Isi….......................................................................................     2-3

Bab 1
Pendahuluan……..............................................................................     3
1.Latar Belakang..............................................................................      3
2.Tujuan.........................................................................................       4
3.Sasaran........................................................................................     4

Bab 2 Permasalahan..........................................................................   5-6
1.Kekuatan......................................................................................      6
2.Kelemahan....................................................................................    6-7                    
3.Peluang........................................................................................     7
4.Tantangan/Hambatan................................................................          8

Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi...........................................        8-9
1.Kesimpulan................................................................................      9



BAB 1 PENDAHULUAN


1.Latar belakang 

Kebudayaan itu perlu dilestarikan, sehingga di masa mendatang akan terus berjalan dan tidak akan punah. pemerintah dan  masyarakat wajib untuk melestarikan kebudayaan yang ada saat ini sehingga generasi-generasi berikutnya ikut terus mengembangkan kebudayaan sepeninggalan nenek moyang kita. Perlu diketahui baik atau tidaknya model pelestarianakan bergantung pada tujuan pelestariannya, kemampuan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola pelestarian serta mengoptimalkan sumber-sumber budaya yang ada.

2.Tujuan 

Tujuan tulisan ini untuk mengingatkan para pembaca bahwa melestarikan kebudayaan adalah sesuatu hal yang penting untuk dilakukan, agar generasi-generasi setelah kita bisa mempelajari dan mengerti bahwa pentingnya kebudayaan dalam kehidupan. Dan untuk memajukan pariwisata budaya dalam negeri ini sehingga dunia mengenali budaya khas asal Negara kita.

3. Sasaran 

Sasarannya adalah kepada generasi muda agar mau melestarikan kebudayaan ini. Dan menjungjung tinggi nilai-nilai budaya yang ada di tanah air tercinta ini.



BAB 2 PERMASALAHAN


Pada era globalisai seperti sekarang ini. Bangsa kita Indonesia mau atau tidak mau harus mengikuti perubahan zaman. Sebenernya hal seperti ini sangatlah merugikan bangsa kita Indonesia, semakin terbukanya Indonesia terhadap budaya modern maka semakin mudah masyarakat kita melupakan budaya yang sudah ada lama di negaranya sendiri.

Analisa permasalahan kontribusi pemerintahan dan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :


1.Kekuatan 
a.       Berjiwa nasionalisme ; nasionalisme adlah modal yang sangat penting didalam sebuah Negara, karena rasa nasionalisme itu akan mempersatukan setiap ego seseorang.
b.      Mencintai budaya local ; di antara orang-orang disekeliling kita masih banyak yang mencintai kebudayaan local ini terutama bagi orang tua kita.
c.       Organisasi budaya di banyak sekolahan ; munculnya organisasi-organisasi di setiap sekolah sehingga para pelajar bisa mengenali kebudayaan Indonesia sejak duduk di bangku sekolah.
d.      Museum budaya ; banyaknya museum-museum budaya di Indonesia sangatlah membantu para pelajar atau masyarakat yang ingin mengenali lebih dalam lagi arti kebudayaan.


2.Kelemahan 
a.      Lingkungan masyarakat yang kurang peduli dengan kebudayaan ; pada era globalisasi sekarang tentunya masyarakat sangat di sibukan dengan pekerjaan sehingga berkurangnya waktu untuk melestarikan kebudayaan.
b.      Pergaulan bebas ; banyaknya budaya-budaya asing yang masuk kenegara kita Indonesia sangatlah berpengaruh negative bagi anak-anak muda saat ini, karena anak muda saat ini sangatlah gampang terkena dampak negative dari budaya asing.
c.       Kurangnya dukungan dari pemerintah ; untuk saat ini mungkin penilaian saya untuk pemerintah sangatlah buruk, karena banyaknya kasus-kasus yang tidak terselesaikan seakan-akan ada yang disembunyikan dibalik kasus-kasus tersebut.
d.      Minimnya organisasi-organisasi kebudayaan ; saat ini mungkin organisasi kebudayaan amatlah sedikit dibandingkan organisasi-organisasi seperti ormas dan politik.


3.Peluang 
a.       Pertumbuhan usaha-usaha kecil di sekitar tempat budaya ; semakin banyak tempat wisata/kebudayaan dilestarikan, maka semakin membantu kepada masyarakat disekitar lokasi untuk merauk keuntungan dilokasi tersebut, dan memajukan perekonomian di sekitar lokasi itu.
b.      Tumbuhnya rasa cinta terhadap budaya di dalam diri masyarakat ; jika kebudayaan kita dikenal dibanyak Negara maka masyarakatpun turut bangga dan semakin besar rasa cinta kepada kebudayaan local ini.
c.       Mengundang wisata asing untuk mengenali budaya di Negara kita ; jika pemerintah dan masyarakat melestarikan kebudayaan ini dengan baik maka tanpa diundangpun wisata asing akan dating dengan sendirinya untuk melihat kebudayaan kita yang kita banggakan.
d.      Membantu perekonomian masyarakat di sekitar cagar budaya ; semakin banyak tempat wisata/kebudayaan dilestarikan maka tanpa disengaja akan memajukan perekonomian di sekitar lokasi itu.


4.Tantangan/Hambatan 
a.       Banyaknya benda-benda budaya hasil penemuan yang dijual/lelang kepada pihak asing ; Indonesia adalah masuk dalam 5 negara terkorupsi didunia, maka hal-hal yang seperti ini sudahlah biasa.
b.      Hanya sedikit dari masyarakat yang melestarikan budaya ; semakin cepatnya teknologi berkembang di Indonesia dan budaya asing yang masuk sepertinya sudah menghipnotis masyarakat kita untuk meninggalkan sesuatu hal yang lama seperti kebudayaan.
c.       Kurang seriusnya pemerintah dalam mengelola benda-benda dan tempat budaya ; saat ini pemerintah seolah-olah lupa akan kebudayaan seperti kacang yang lupa pada kulitnya, pemerintah saat ini hanya memikirkan dunia luar.
d.      Perkembangan dunia industry dan bisnis yang tidak diseimbangi dengan perkembangan tempat cagar budaya ; Indonesia dikenal dinegara lain sebagai Negara kebudayaan yang besar, tapi pada kenyataannya Indonesia buruk dalam pelestarian kebudayaanya.



BAB 3 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


1.Kesimpulan 
a.       Pengembangan tempat industry dan bisnis seharusnya diimbangi dengan pengembangan tempat cagar budaya
b.      Mensosialisasikan kebudayaan kepada masyarakat dengan cara menambahkan mata pelajaran kebudayaan di setiap sekolah ataupun kampus
c.       Menghukum setiap orang yang menjual atau merusak benda dan tempat budaya
d.      Membuat hari kebudayaan nasional dengan acara yang memperlihatkan kebudayaan di Negara ini 

4 Responses so far.

  1. ko cuma dikit sih?? :/

  2. RIAN.A.P says:

    W kira mw komen apaan..

  3. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here