selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Senin, 17 Desember 2012

KISI-KISI UTS TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH

2 komentar

KISI-KISI UTS TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH 


1.Mengapa komunikasi ilmiah harus menggunakan bahasa yang baku?? Jelaskan!! 

jawab 
Dengan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar baik dalam bentuk tulisan maupun komunikasi verbal, maka maksud yang akan disampaikan dapat dimengerti dengan baik bagi siapa saja. 


2.Untuk memperoleh kejelasan informasi dalam berkomunikasi bisa di lakukan tiga hal penting. Sebutkan ketiga hal yang dimaksud dan keterangan seperlunya! 

jawab 

a. Komunikator (Pengirim Pesan) Komunikator merupakan sumber dan pengirim pesan. Kredibilitas komunikator yang membuat komunikan percaya terhadap isi pesan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan komunikasi. 

b. Pesan yang disampaikan Pesan harus memiliki daya tarik tersendiri, sesuai dengan kebutuhan penerima pesan, adanya kesamaan pengalaman tentang pesan, dan ada peran pesan dalam memenuhi kebutuhan penerima. 

c. Komunikan (Penerima Pesan) Agar komunikasi berjalan lancar, komunikan harus mampu menafsirkan pesan, sadar bahwa pesan sesuai dengan kebutuhannya, dan harus ada perhatian terhadap pesan yang diterima. 


3.Berikan tanggapan anda terhadap pernyataan di bawah ini.! 
Nilai sebuah komunikasi tidak hanya di tentukan oleh informasi yang disampaikan, tetapi juga oleh cara menyampaikannya dan sikap para pelakunya (pemberi dan penerima informasi) 

 jawab 
belom om tante, kaga ngarti gue.!! 


4.Tuliskan seratus dua puluh lima juta rupiah dengan menggunakan angka dan lambing mata uang. 

jawab 
pilih Rp125.000.000 apa Rp125 juta w gak tau yang bener mana.!!


5.Sebutkan (tuliskan) cara membaca bilangan 0,60. 

jawab 
Nol koma enam nol 


6.Sebutkan kesalahan-kesalahan pada kalimat berikut dipadang dari segi kalimat efektif! 
Menurut seorang pengamat pendidikan mengatakan mahasiswa sekarang lebih suka mengambil karangan orang lain dari pada mengarang sendiri. 

jawab 
belom om tante, kaga ngerti gue..!!! 


7.Perbaiki kalimat berikut sehingga menjadi kalimat yang efektif! 
Maskapai tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dokumen, kerusakan barang, busuknya makanan, dan jika hewan yang diletakkan di dalam bagasi tiba-tiba mati.

jawab
Sebuah maskapai tidak akan bertanggung jawab terhadap beberapa kejadian seperti kehilangan dokumen, kerusakan barang, busuknya makanan, dan jika ada hewan yang diletakkan di dalam bagasi lalu tiba-tiba mati. 


8.Buatlah sebuah alinea deskripsi dengan tema keindahan alam! 

jawab 
Untukmu aku bertanya. Tentang relung itu, relung malam. Di pelupuk mentari. Betapa aku berkali-kali hanyut melodi senjamu. Untukmu juga, lihat pundak itu. Pundak retak bingkai malam. Betapa retaknya membuat relungku terjungkal. 

Untukmu, di bingkai malam ini rembulan bergurau. Dia kata tetes permatamu biru. Biru, benar, layaknya tiraimu, tirai hatimu membiru terhempas rembulan. 

Andai engkau tahu. Biorama irama malam penuh Tanya. Aku kira ini malam panjang. Dan aku merasa, mungkin sengaja ia tutup persegi cahaya, lagi. Dengan tirai permata biru, seakan ingin. Relung senyum mu tak lekas lepas. Dari bingkai malamku. 


9.Buatlah sebuah paragraph argumentasi dengan pola pengembangan deduktif-induktif (campuran)!! 

jawab 
Dalam buah terkandung beberapa macam vitamin yang mengandung manfaat. Salah satunya adalah vitamin A yang berguna untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A juga menjaga kesehatan sel pada berbagai macam struktur mata dan diperlukan untuk transfer cahaya menjadi tanda-tanda syaraf di retina. Kemudian kandungan vitamin yang terkandung dalam buah adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung serta metabolisme karbohidrat serta berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker. Lalu dalam buah juga terkandung vitamin C yang berguna untuk membantu imunitas. Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik. Itulah beberapa macam vitamin yang terkandung dalam buah dan manfaat yang terkandung di dalamnya. 


10.Apa yang dimaksud dengan konvesi naskah? Jelaskan!! 

jawab 
konvensi naskah adalah penulisan naskah karangan ilmiah yang berdasarkan kebiasaan, aturan yang sudah lazim, dan sudah disepakati. Konvensi penulisan naskah yang sudah lazim mencangkup aturan pengetikan, pengorganisasian materi utama, pengorganisasian materi pelengkap, bahasa, dan kelengkapan penulisan lainnya.

2 Responses so far.

  1. wekojati says:

    Ijin Copy soal-nya ya Gan, jawabanya ane coba cari sendiri... O_O

Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here