selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Senin, 25 November 2013

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR KE-9

0 komentar
ILMU SOSIAL DASAR





Disusun Oleh:



Nama                : Rian Aditya Putra
NPM                 : 36412252
Kelas                 : 2 ID 08
Mata Kuliah     : Ilmu Sosial Dasar





FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG



Cerita Kemiskinan
Seorang Wanita Bernama Ira


Kita banyak melihat berita mengenai kemiskinan dan kelaparan yang melanda negara-negara lain, khususnya Somalia. Tapi pernahkah kita berpikir bahwa kemiskinan itu juga ada di sekitar kita? Nasib Ira Siti (20) ini sungguh menyedihkan. Dia kehilangan segalanya, harta tak punya, cinta pun hilang dalam hidupnya. Dia sudah beberapa bulan tinggal di pekarangan kosong di  bawah pohon bambu. Warga tak ada yang tahu kalau dia hamil. Sebagian warga malah menganggap perempuan itu sebagai orang tidak waras.
Jadi, tidak ada yang tahu bahwa Ira melahirkan di semak-semak bawah pohon bambu yang hanya berjarak 15 meter dari pemukiman penduduk itu. Ini bukti begitu rendah kepekaan kita terhadap sesama. Kejadian ini berlangsung di gubuk reyot beratap sobekan plastik dan glangsing (zag) di bawah rumpun bambu di Desa Segoro Madu, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Senin (1/8) pukul 06.00 WIB. Tidak ada yang tahu saat wanita ini mengerang meregang nyawa tatkala si jabang bayi di kandungan hendak keluar.
Karena tak ada pertolongan, dia melahirkan bayi itu sendirian. Lantaran tak tahu bagaimana cara menangani persalinan, bayi yang masih menyatu dengan tali pusar pun akhirnya meninggal dunia. Andai pagi itu tak ada orang membuang sampah di dekat rumpun bambu itu, Ira mungkin juga sudah ditemukan mati kehilangan banyak darah. Akhirnya dia pun dievakuasi ke RS Ibnu Sina Gresik, dengan kondisi fisik sangat lemah karena 10 jam baru dibawa. "Sebenarnya, saya ingin minta bantuan warga sini. Tapi, apakah ada yang mau menolong saya? Saya takut," ungkap perempuan muda ini dengan suara lemah.
Ira pun menjelaskan bahwa bayi yang dilahirkan itu sebagai anak pertama, hasil hubungan dengan kekasihnya, Asep. "Lima bulan lalu kami bercerai," urainya. Sejak itu, Ira tetap berjualan nasi di Terminal Osowilangun. Dengan kandungan semakin membesar, dia tak kuat lagi jualan nasi. Akhirnya, dia memilih tinggal di semak-semak itu. Ini karena tidak ada sanak saudara yang bisa dimintai tempat berlindung. "Saya terpaksa meminta-minta di lampu merah untuk mencari sesuap nasi. Padahal, tubuh saya sudah tidak kuat lagi," tuturnya.
Andai waktu itu ada orang-orang di sekitarnya yang lebih peduli. Ini hanyalah salah satu kisah kemiskinan yang terjadi di Indonesia, ada banyak cerita kemiskinan lainnya yang terjadi di Indonesia. Mungkin kemiskinan sedang terjadi di sekitar lingkungan Anda? Apa yang bisa kita lakukan? Kepedulian kita sebagai warga dari bangsa ini hendaknya makin bertambah dan mengurangi beban mereka yang benar-benar membutuhkan.

Analisis
Cerita yang terjadi dalam kehidupan sesosok wanita yang bernama ira sangat mencerminkan betapa buruknya citra sebuah Negara yang berkembang seperti Indonesia. Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam, seharusnya dengan kelebihan akan sumber daya alam yang terdapat dalam Negara Indonesia bisa mensejahterakan rakyatnya. Ketidak jelasan program-program pemerintah, mengakibatkan kebingungan ditengah masyarakat seperti ibu ira. Pemerintah seharusnya mengutamakan nasib-nasib masyarakat seperti ibu ira, kejadian-kejadian seperti ini kerap terjadi didalam Negara Indonesia. Beberapa kejadian yang menimpah seperti nasib ibu ira seharusnya membuat pemerintah bergegas memperbaiki sistem-sistem yang seharusnya mensejahterakan rakyat, seperti program kesehatan yang jelas dan diterima oleh orang yang tepat. Pemerintah adalah contoh akan rakyatnya, pejabat-pejabat pemerintah seharusnya lebih mencontohkan kehidupan bermasyarakat yang baik, tetapi didalam Negara Indonesia, banyak pejabat yang berakhlak buruk dan mengakibatkan banyaknya tindak korupsi. Tindak korupsi sangatlah merugikan Negara, sehingga hak-hak masyarakat menjadi tidak tercapai.
Kemiskinan yang ada di Indonesia tidak selayaknya terjadi kalau dilihat dari sumber daya alam yang melimpah. Indonesia adalah Negara yang kaya, seharusnya masyarakat Indonesia lebih sejahtera kehidupannya jika dilihat dari sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Hak-hak masyarakat terbengkalai karena kepentingan pribadi para pejabat yang rakus akan jabatan dan harta. Masyarakat Indonesia butuh kejelasan dalam program-program pemerintah yang mensejahterakan rakyatnya. Banyak program dari pemerintah yang jatuh ditangan orang yang tidak seharusnya mendapatkannya. Program-program itu juga banyak yang dikorupsi oleh pejabat Negara.

Saran
Saran agar kasus kemiskinan tidak lagi terjadi dalam suatu Negara yang berkembang seperti Indonesia adalah:
1.      Harus jelas program yang mensejahterakan rakyat
2.      Pejabat mencontohkan kehidupan bermasyarakat yang baik
3.      Tidak ada tindak korupsi

4.      Pemerintah harus mengutamakan kepentingan rakyat

Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here