selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Minggu, 11 November 2012

BILANGAN

0 komentar
dalam menghitung (counting), seorang matematikawan biasanya tidak menghitung jumlah dari objek-objek dalam suatu koleksi pada suatu waktu, tetapi lebih mencari untuk menentukan pola-pola dan hubungan di antara objek-objek yang memungkinkan mereka untuk menghitung dengan cara tidak langsung. dalam hal ini, menghitung terjadi dalam banyak bagian dari matematika dan sering melibatkan metode-metode yang cukup canggih.

beberapa formula menghitung kuno dapat ditelusuri pada abad ke-7. tetapi teori menghitung ini mulai dikembangkan pada abad ke-16, ketika matematikawan-matematikawan mulai menganalisis permainan-permainan judi (games of chance) tertentu. dalam usaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang pelemparan dadu dan penarikan kartu-kartu, beberapa orang matematikawan eropa pada saat itu mulai mengorganisasikan hasil-hasil mereka ke dalam teori menghitung yang formal. salah seorang tokoh utama dalam pengembangan ini adalah matematikawan asal perancis, blaise pascal, yang menulis sebuah makalah berkaitan dengan teori kombinasi-kombinasi.

karya yang dilakukang oleh pascal dan yang lain sekarang dikembangkan dalam suatu cabang matematika yang di sebut combinatural analysis (kombinatorik). dua aspek dasar dari subjek ini adalah permutasi dan kombinasi yang mempunyai aplikasi dalam bidang teori peluang.

kombinatorial (combinatoric) adalah cabang matematika yang mempelajari pengaturan objek-objek. solusi yang ingin kita peroleh dengan kombinatorial ini adalah jumlah cara pengaturan objek-objek tertentu dalam kumpulannya. kombinatorial didasarkan pada hassil yang diperoleh dari suatu eksperimen/percobaan atau event (kejadian/peristiwa). percobaan adalah proses fisik yang hasilnya dapat diamati.

referensi
yusuf yahya
d. suryadi h.s.
agus s.

Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here