selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Senin, 18 Februari 2013

adam smith (the wealth of nations)

0 komentar

Adam SMITH
Wealth of Nations = kemakmuran negara (1776)
(menulis buku “the Wealth of Nation”, meningkatkan produktivitas melalui spesialisasi pekerja dan perancangan proses (pemilahan operasi).

 

Specialization of Labor (spesialisasi pekerjaan)
       Division of the task in pin making into 4 separate operations increased output by a factor of almost 5
       10 worker could produce 48.000 pins per day
       John Adam Smith (lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 – wafat di Edinburgh, Skotlandia, 17 Juli 1790 pada umur 67 tahun), adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations = Kemakmuran Negara) adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri & perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas & kapitalisme. Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi Kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal disana.
       Dia juga dikenal sebagai "Bapak Ekonomi".
       The Wealth of Nations jang menolak pernyataan Psiokrat dalam pentingnya lahan, malah, Smith percaya bahwa buruh merupakan proritas tinggi, & pembagian buruh akan berakibat pada kenaikan signifikan pada produksi. Smith memakai contoh dengan pembuatan jepitan. Satu pekerja bisa membuat 20 pin sehari. Tapi jika 10 orang dibagi menjadi 18 langkah yang diperlukan membuat sebuah jepitan, mereka bisa membuat 48.000 jepitan dalam sehari.
       Konsep perancangan proses produksi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga-tenaga kerja, yang menekankan pentingnya spesialisasi.
       Disiplin ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli & terampil dalam hal perencanaan, pengorganisasian serta pengendalian suatu sistem produksi yang luas & kompleks

Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here