selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Jumat, 24 Oktober 2014

BAB I METODE PENELITIAN

0 komentar
TUGAS SOFTSKILL
(METODE PENELITIAN)


Disusun Oleh:

Nama/NPM
: Rian Aditya Putra/36412252
Kelas
Dosen
: 3ID08
: Ina Siti Hasanah

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
BEKASI
2014



BAB I
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang
          Setiap manusia pasti tidak terlepas dari interaksi antar manusia maupun dengan lingkungannya, dimana dalam melakukan interaksi tersebut bertujuan untuk mendapatkan segala jenis informasi. Interaksi antar sesama manusia adalah hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan. Hal ini berbeda jika manusia berinteraksi dengan lingkungannya. Lingkungan manusia meliputi rumah, sekolah, kampus, kantor, jalan raya, dan lain-lain. Manusia tidak dapat secara langsung berinteraksi dengan lingkungannya, karena lingkungan tidak dapat menyampaikan informasi yang ada, sehingga dapat menyebabkan kebingungan. Sebab dari permasalahan itu dibutuhkanlah alat bantu yang dapat digunakan manusia untuk berinteraksi dengan lingkungannya yaitu display.
    Display yang telah beredar terkadang memiliki ketidakseimbangan dalam menyampaikan informasi, yaitu berupa faktor kesan dan fungsional, sehingga akan menyebabkan kesalahan dalam memahami display tersebut, keterlambatan dalam menginterpretasikan data mengakibatkan berbagai resiko dan kecelakaan kerja yang akan terjadi. Akibat permasalahan tersebut, maka untuk meminimalisirnya dilakukan perancangan alat peraga yang sesuai dengan prinsip dan disiplin ilmu ergonomi. Display adalah alat peraga yang digunakan untuk media penyampaian informasi dari lingkungan kepada manusia. Display yang baik adalah display yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia sebagai penerima informasi melalui panca indera (Sutalaksana, 1979).
        Penerapan display dalam penelitian ini adalah perancangan dan pembuatan acrylic display untuk memerintahkan agar operator selalu menggunakan ear-plug pada area yang telah ditentukan. Papan display ini terdapat beberapa kesalahan sehingga mengakibatkan operator tidak tertarik membacanya. Kesalahan tersebut terdapat pada kombinasi warna yang tidak mencolok sehingga operator tidak tertarik untuk membancanya. Dimensi huruf dan jarak antar kata yang tidak sesuai dengan prinsip dan penerapan ilmu ergonomi. Display seharusnya sesuai dengan prinsip dan penerapan ilmu ergonomi sehingga dapat menyampaikan informasi secara jelas dan tepat. Harapannya operator dapat mengetahui acrylic display tersebut bahwa pada area tersebut mewajibkan operator untuk menggunakan ear-plug.

1.2       Perumusan Masalah
         Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang acrylic display yang baik dan mudah dimengerti oleh manusia sehingga dapat memperoleh informasi yang jelas dari display tersebut. Display yang dimaksud adalah berbentuk papan peringatan.

1.3       Pembatasan Penelitian
            Pembuatan penelitian ini memiliki batasan-batasan masalah agar penulisan tidak menyimpang dari persoalan yang ada. Berikut ini batasan masalah dari penelitian :
1.      Pengambilan data dilakukan di PT. Krama Yudha Ratu Motor Jln. Raya Bekasi Km. 21-22 Pulo Gadung, Jakarta Timur.
2.       Display yang dibuat hanya berupa acrylic display dan sebanyak 1 display.
3.     Ukuran acrylic display yang dirancang hanya berukuran sedang dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 914 mm dan lebar 314 mm.

1.4       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman materi yang akan dibahas didalamnya. Berikut merupakan tujuan penelitian dalam merancang ulang sebuah papan display.
1.  Mengetahui tipe-tipe dari display yang dibuat, yaitu display kualitatif, display kuantitatif, display representatif.
2. Mengetahui prinsip-prinsip dari display yang dibuat, yaitu proximity, similarity, symetry, continuity.
3.  Mengetahui ukuran huruf dan warna huruf yang digunakan pada pembuatan display, yaitu tinggi huruf kecil, lebar huruf besar, lebar huruf kecil, tebal huruf besar, tebal hurf kecil, jarak antara dua huruf, jarak antara dua kata.


Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here