selamat datang di blog "rian aditya putra".. blog ini saya buat untuk berbagi informasi dan sekumpulan tugas softskill, jika ada kesalahan kata atau ada kata-kata yang menyinggung para pembaca, saya selaku admin meminta maaf.. terima kasih..
Jumat, 28 Juni 2013

Distribusi frekuensi

1 komentar
Distribusi frekuensi itu merupakan cara untuk mempermudah klasifikasi data yang mana memberikan iustrasi atau contoh label yang di susun berdasarkan angka dan kategori tertentu. Distribusi frekuensi yangbtelah di susun ada beberapa grafik yang dapat di utarakan dalam histogram, poligon, frekuensi kumulatif, OGIVE, frekuensi relatif ,serta diagram batang dan daun. Sementara itu, dengan tujuan supaya data yang telah terkumpul,diklasifikasikan, dan di tabulasikan dapat di tampilkan lebih menarik dan elegan, bagian teakhir menerangkan cara menggambar data statistik melalui berbagai macam diagram seperti ,diagram garis ,diagram balok dan diagram lingkaran.
 Penyusunan dan pengklasifikasian data yang data telah terkumpul ,sebagaimana yang kita ketahui bersama, merupakan cara yang perludi tempuh agar menjadi mudah di minati, di interpermentasikan, dan di proses lebih lanjut. Atas dasar kaidah ilmu statistik, upaya itu di lakukan dengan menyusun suatu distribusi frekensi (frequency distribution). Dalam itilah lain yang sama maknanya, distribusi frekuensi di sebut juga dengan istilah pancaran frekuensi. Distribusi frekuensi ini tersebut merupakan “ penyusunan data menurut besar kecilna data itu dalam beberapa kelas tertentu “. Dengan melalui distribusi frekuensi ,data ini akan di kelompokan ke dalam beberapa golongan dengan menerapkan kaidah tertentu.
 Pada umumnya, data yang perlu disusun ini ke dalam distribusi frekuensi adalah data yang berjumlah relatif besar, bervariasi, dan tidak teratur.  Data yang di kelompokan tersebut akan di tabulasikan ke dalam suatu tabel (distribusi) frekuensi.
      a.      Menentukan jumlah kelas
Jumlah kelas hendaknya di tetukan sedemikian rupa sehingga seluruh data yang di kumpulkan tercakup di dalamnya. Kita perlu mengupayakan suatu kondisi diman jumlah kelas yang ada tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Adapun formula kaindah struges adalah sebagai berikut :
C = 1 + 3,30 log N
Dimana C adalah jumlah kelas ,N adalah banyaknya frekuensi, 1 dan 3,30 merupakan konstanta.

      b.      Menentukan interval kelas
Setelah jumlah kelas di tentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan interval tentang skala, untuk masing-masing kelas. Interval itu sendiri merupakan selisih antara batas atas nyata dengan batas bawah nyata. Hanya saja , apabila kita ingin menyusun suatu tabel distribusi frekuensi yang runtut, penggunaan kelas yang sama sangat di anjurkan. Untuk menghitung besarnya interval kelas, rumus yang di terapkan berdasarkan kaidah struges adalah :
CI = Range / C
    
Dimana CI adalah interval kelas, range adalah selisih antara data terbesar dengan data terkecil, dan C adalah banyaknya kelas.

One Response so far.

  1. Dewi Aja says:

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Leave a Reply

 
rian aditya putra © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here